SITUS WARISAN BUDAYA MAKAM MBAH KUWU SANGKAN CIREBON

Destinasi Bangunan Religi Makam Mbah Kuwu Sangkan



Bangunan adalah struktur buatan manusia yang terdiri atas dinding dan atap yang didirikan secara permanen disuatu tempat. Bangunan biasanya digunakan untuk tempat bernaung dari panasnya sinar matahari dan air hujan. Disitus Makam Mbah Kuwu Sangkan terdapat bangunan-bangunan seperti gapura, pendopo, Palinggihan ichsanul kamil dan Makam mbah kuwu. Yang memiliki beragam bentuk, ukuran dan fungsi pada masing-masing bangunannya.

Bangunan pertama yang dapat dilihat saat di Makam Mbah Kuwu adalah Gapura. Yaitu bangunan yang terdiri dari dua buah pilar yang terbuat dari batu bata yang disusun secara apik dan rapih, gapura dijadikan sebagai ikon suatu wilayah atau area yang biasanya menjadi komponen utama yang dilihat ketika memasuki sebuah tempat tertentu, dan diatasnya terdapat sebuah tulisan yang mencirikan nama sebuah tempat tersebut. Di situs Makam Mbah Kuwu Sangkan, terdapat pula sebuah gapura yang terbuat dari batu bata merah yang diatasnya terdapat sebuah tulisan yaitu berupa ucapan selamat datang Di keramat talun pangeran Cakrabuana mbah kuwu sangkan cirebon girang yang berfungsi sebagai ucapan selamat datang kepada para peziarah, dan sekaligus sebagai tanda masuk ke dalam situs Makam Mbah Kuwu Sangkan.

Bangunan yang kedua yaitu Pendopo, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pendopo yaitu bangunan yang luas dan terbuka tanpa batas atau sekat, yang terletak dibagian depan rumah yang disediakan untuk pertemuan, rapat, peralatan, serta keperluan lain yang ada sangkut pautnya dengan keperluan masyarakat.Pendopo di dalam situs Makam Mbah Kuwu Sangkan terletak disebelah kanan dari arah pintu utama,biasanya pendopo tersebut digunakan oleh para peziarah untuk berkumpul atau bahkan sekedar  beristirahat disekitar lingkungan situs makam.

Bangunan yang selanjutnya adalah Palinggihan Ichsanul Kamil, didepan situs Makam Mbah Kuwu Sangkan di cirebon terdapat sebuah bangunan berwarna merah dan dikelilingi pagar bercorak khas islami,bangunan tersebut dipercaya sebagai tempat meditasi mbah kuwu sangkan untuk berinteraksi dengan Allah swt,tempat tersebut sekarang dipakai oleh kuncen untuk beriktikaf dan menerima tamu atau peziarah khusus dan peziarah yang paling jauh.

Yang terakhir adalah Makam Mbah Kuwu Sangkan, makam sendiri artinya adalah tempat peristirahatan atau tempat persemayaman terakhir seseorang atau mahluk yang sudah tidak benyawa. Makam Mbah Kuwu Sangkan berada didalam sebuah ruangan seperti rumah yang berwarna hijau muda, setiap dindingnya terdapat ukiran-ukiran bahasa arab yang berwarna emas, didalam bangunan yang biasa disebut dengan Masjid Makam Mbah Kuwu Sangkan Palinggihan dipercaya terdapat Makam Mbah Kuwu Sangkan yang dikenal sebagai seseorang yang mendirikan atau menemukan cirebon yang dulunya hanya hutan kini menjadi Desa atau Kota yang sudah banyak penduduknya.

Makam mbah kuwu sangkan sendiri di tutup dengan sebuah tirai yang menjuntai panjang berwarna hijau dan dihiasi dengan tirai rumbai-rumbai berwarna emas dibagian atasnya, di luar tirainya terdapat dua makam yang diyakini sebagai makam peliharaan Mbah Kuwu Sangkan yaitu harimau atau orang jawa biasa memanggilnya dengan sebutan macan dan juga kerbau yang dahulunya selalu dipelihara oleh Mbah Kuwu Sangkan. Bangunan Makam Mbah Kuwu berwarna hijau berbeda dengan bangunan yang lainnya yang identik dengan warna merah, sebagian orang percaya bahwa warna hijau adalah warna kesukaan dari Mbah Kuwu Sangkan, oleh karena itu bangunan dan segala macam pernak-pernik yang ada di dalam bangunan Makam Mbah Kuwu Sangkan berwarna hijau.

Share:

6 komentar:

Translate

Popular Posts

Recent Posts

Total Tayangan Halaman